Jumat, 06 Agustus 2010

Mengembalikan file yang disembunyikan oleh virus

Bagi para pengguna komputer, mngkin sudah tidak jarang menemukan hal seperti ini, dimana file/folder di dalam hardisk anda tiba-tiba berubah menjadi berakhiran .exe (berekstensi.exe).
Hal ini adalah salah satu tanda bahwa di dalam komputer anda sedang hidup mahluk-mahluk menjengkelkan yang kasat mata atau dalam istilah
kedokteran disebut dengan virus.

Tapi jangan salah, virus komputer berbeda dengan virus dalam ilmu kedokteran. Virus komputer bukan mahluk hidup bernyawa seperti kita-kita ini, melainkan berupa program yang telah dibuat dengan tujuan-tujuan tertentu oleh para programmer.

Kembali kepada permasalahan di atas, dimana file/folder yg berubah menjadi berakhiran .exe tersebut sebenarnya adalah file virus yg menggunakan nama file/folder kita dengan harapan kita akan meng klik nya karena mengira file/folder itu adalah milik kita mengingat setiap kita meng klik file virus tanpa disadari sebenarnya kita sedang memperbanyak virus tersebut di dalam komputer kita.

Nah, jika file tersebut ternyata adalah virus lalu dimana file kita "yg aslinya". file/folder anda sebenarnya masih ada dan tersimpan dengan baik di tempat semula, hanya saja virus tersebut menyembunyikannya dari pandangan kita...

untuk menampilkan file/folder kita kembali
anda bisa mencoba langkah di bawah ini (tentu saja hal ini anda lakukan jika anda sudah menghapus semua virus dari dalam komputer anda.)

Buka Run command dengan meng-klik 'Start menu' kemudian klik 'Run'
Kemudian ketik : attrib -r -h -s Drive Partisi:\*.* /s /d

Contoh : jika file yg disembunyikan berada di drive D: maka yg anda ketikan adalah attrib -r -h -s D:\*.* /s /d

dengan langkah diatas semua file/folder tesembunyi akan terlihat kembali.

semoga membantu, terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar