Rabu, 30 Maret 2011

Flashing firmware HP nokia lewat kabel usb


Berikut ini adalah pengalaman saya bagaimana cara ngeflash hp nokia yang mungkin mengalami masalah sehingga mengharuskan untuk diflash ulang atau mungkin hanya ingin diupgrade ke versi firmware yang lebih tinggi. Namun sebagai catatan, hp nokia yang akan diflash menggunakan cara ini yaitu yang bertipe BB5. Jadi cari tau dan pastikan terlebih dahulu hp anda termasuk tipe BB5 atau bukan.
Di sini hp yang saya gunakan yaitu tipe nokia 6303 classic.
Sebelum dimulai, alat dan software yang perlu dipersiapkan yaitu :
1. kabel data usb hp anda
2. satu unit Komputer yang masih belum pernah di instal nokia pc suit (untuk mengantisipasi terjadinya kegagalan saat proses flashing).
3. Phoenix Software yang bisa didownload di sini
4. Firmware hp, sesuai dengan tipe hp yang anda gunakan, dan di sini saya menyediakan tipe firmware untuk nokia 6303classic. Silahkan di download di sini

Langsung saja langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:
Spoiler:


1. Instal program phoenix beserta firmware di komputer, biasanya hasil instalan firmware tersebut akan masuk di C:\Program Files\Common Files\Nokia\DataPackage\Products
2. Koneksikan hp anda ke computer dengan menggunakan kabel data usb, tp jangan lupa cabut simcard dan external memory hp anda terlebih dahulu, dan kemudian jadikan koneksi sebagai usb mode.
3. Buka program phoenix di computer anda, lalu pilih manage connection, kemudian pilih new, lalu pilih usb, dan kemudian finish.






4. Pilih scan product pada menu file, maka otomatis phoenix akan mendeteksi tipe jenis firmware hp anda.





5. Lalu kemudian pilih menu flashing dan pilih firmware update




6. Pada baris product kode pilih tombol disampingnya lalu pilih tipe firmware sesuai hp anda yang sudah terinstal tadi.

7. Lalu tekan tombol Refurbish. Maka proses flashing akan berlangsung, dan anda bisa menunggu beberapa menit hingga proses selesai.







atau untuk mendownload tutorial dalam bentuk pdfnya secara lengkap, bisa didownload di sini

1 komentar: