Jumat, 08 April 2011

Menulis kode HTML ke dalam postingan artikel blog

Sebuah artikel yang harus menampilkan script/kode html,,,tapi yang terjadi justru kode-kode tersebut tidak muncul sesuai dengan keinginan. Ternyata yang muncul adalah sebuah kode yang sudah diterjemahkan dalam bentuk html, sehingga kode-kode tersebut tidak kelihatan dalam artikel tersebut.

Bagi para pemula dalam dunia blog seperti saya, hal ini pasti banyak dialami oleh para blogger baru yang mencoba membuat artikel-artikel dengan kode html tadi. Biasanya ini berkaitan dengan artikel yang isinya berkaitan dengan tutorial atau langkah-langkah menyusun blog atau website.
Setelah melalui surfing di internet, ternyata hal ini dikarenakan kode-kode html tersebut harus di encodekan terlebih dahulu. Dan dari hasil surfing juga, akhirnya saya menemukan beberapa cara untuk mengencodekan kode-kode html tersebut.
Ada dua cara dalam hal ini yaitu:
1. Cara manual. Yaitu apabila kode-kode html yang akan di encodekan tidak terlalu banyak, maka kita hanya perlu mengganti satu persatu kode html tersebut sesuai dengan tabel petunjuk seperti di bawah ini:
   

 
Atau untuk mempermudah, anda bisa menggunakan fasilitas replace yang terdapat pada browser anda.
2. Cara otomatis, apabila kode-kode html tersebut berjumlah cukup banyak, maka kita perlu menggunakan jasa melalui situs-situs di internet yang menyediakan jasa untuk mengencodekan kode-kode html tersebut.Contohnya http://centricle.com/tools/html-entities. Caranya pun sangat mudah, kita hanya perlu mengcopy kode html kita ke dalam situs tersebut, lalu tinggal pilih encode. Kemudian setelah itu baru bisa kita copy ke dalam postingan artikel di blog, maka hasilnya bisa anda lihat, kode-kode tersebut akan muncul di dalam postingan artikel and
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar